JENIS KAMERA CCTV

JENIS KAMERA CCTV

Kamera Analog

Dome Camera

Memiliki nama Dome karena memang bentuknya yang terlihat seperti kubah, dalam bahasa inggris, dome berarti kubah. Tujuannya ialah agar arah kamera cctv tersebut tak terlihat ataupun tersembunyi namun kamera tetap terlihat oleh orang. Kamera CCTV jenis Dome yang biasanya banyak dijual ialah tipe Fix camera yakni kamera yang hanya bisa memantau ke 1 arah saja.Jenis kamera CCTV dome juga ada yang bisa  berputar dengan cukup cepat bernama Speed Dome, harganya juga relatif jauh jika dibandingkan dengan tipe dome fix camera

Bullet Camera

Jenic CCTV yang satu ini biasanya digunakan di luar ruangan atau outdoor cam, karena bisa digunakan di luar ruangan juga tentunya salah satu standard dari kamera ini yang harus ada dan juga dipenuhi ialah tahan air.Bullet kamera biasanya akan dipasang di dinding ataupun juga langit-langit. Hal tersebut dikarenakan kamera yang satu ini tak dirancang dengan teknologi pan tilt zoom control dan merupakan salah satu jenis kamera tipe fix yang bertujuan untuk menangkap gambar di area yang sama

Kamera PTZ

PTZ merupakan singkatan dari kamera Pan Tilt Zoom, Pan merupakan kemampuan kamera agar bisa bergerak bebas ke kiri dan juga ke kanan, Tilt adalah kemampuan dari kamera yang satu ini untuk bisa bergerak ke atas maupun kebawah, sedangkan Zoom merupakan kemampuan dari kamera ini untuk bisa memperbesar gambar video sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki.

Kamera IP (Network Camera)

IP camera adalah jenis kamera video digital yang biasa digunakan untuk pemantauan keamanan dan dapat
mengirim dan menerima data melalui jaringan komputer dan internet. Walaupun
webcam juga dapat melakukan hal ini namun istilah ”IP Camera” atau “Network Kamera” biasanya hanya digunakan untuk sistem pengawasan keamanan. IP Kamera pertama digunakan pertama kali pada tahun 1996.
Sebenarnya, cara kerja IP camera tidak
begitu jauh berbeda dengan sebuah 
webcam. Namun penggunaan webcam lebih untuk kebutuhan digital semacam video call dan sebagainya. Dipasang berdekatan atau langsung di bagian atas sebuah layar komputer. Tidak sama dengan sebuah IP camera yang banyak dipasang jauh dari komputer pemantau. 

Ada 2 jenis IP Camera yaitu :

hikvision-ds-2ce56h0t-a-itzf-5mp-motorized-vf-exir-dome-camera
IP KAMERA TERPUSAT

IP Camera Terpusat adalah Kamera IP yang masih membutuhkan NVR (Network Video Recorder) untuk merekam video dan manajemen alarm. 

51B0FsAmikL._SL1001_
IP KAMERA DESENTRALISASI

IP Camera Desentralisasi adalah Kamera IP yang tidak lagi membutuhkan NVR (Network Video Recorder) sebagai alat perekam dan manajemen alarm,karena kamera ini telah memiliki fungsi perekam built-in sehingga dapat merekam langsung ke media penyimpanan seperti SD card, NAS (Network Attached Atorage), komputer atau server.

Sejarah Perkembangan IP Kamera

  • IP Camera terpusat pertama dirilis pada tahun 1996 oleh Axis Communications dan dikembangkan oleh Martin Gren dan Carl-Axel Alm. IP Camera tersebut diberi nama Axis NetEye 200 dengan menggunakan web server kustom internal pada kamera. Pada akhir tahun 1999, Linux mulai digunakkan untuk mengoperasikan IP kamera tersebut. Axis juga merilis dokumentasi API tingkat rendah yang disebut “VAPIX”, yang dibangun pada HTTP standar terbuka dan RTSP. Arsitektur terbuka ini dimaksudkan untuk mendorong produsen perangkat lunak pihak ketiga untuk mengembangkan software manajemen untuk merekam yang kompatibel.

 

  • IP Camera desentralisasi pertama dirilis pada tahun 1999 oleh Mobotix dengan menggunakan sistem Linux. Sistem kamera ini tidak memerlukan lisensi software untuk mengatur perekaman video dan alarm.Kamera IP pertama dengan analisis konten video onboard (VCA) dirilis pada tahun 2005 oleh Intellio.Kamera CCTV  ini mampu mendeteksi banyak event yang berbeda, seperti jika sesuatu barang dicuri, seseorang memasuki area tertentu, atau sebuah mobil yang bergerak ke arah yang berlawanan.

Kelebihan & Kekurangan IP Kamera

Kelebihan
  1. Solusi biaya rendah untuk pengawasan.

Dengan menggunakan “IP Camera” pemilik tidak perlu menghabiskan banyak uang pada instalasi, komponen, biaya bulanan/ tahunan dan biaya pemeliharaan.

  1.  Go wireless.

Dengan surveilance nirkabel, pengguna juga bisa menjaga rumah, atau kantor, serta ruang pribadi, bersih dan rapi dari kabel.

  1.  Akses di mana saja.

 Perangkat “IP Camera” dapat diakses setiap tempat di dunia selama ada internet. Kalangan pengguna bisa melihat secara langsung apa yang terjadi di dalam rumah atau kantor secara langsung.

  1. Mudah untuk menginstal dan user friendly

 Perangkat ini sejatinya dapat dipasang dengan mudah setiap tempat tanpa merepotkan sama sekali. Untuk pengaturannya, hanya perlu mengikuti instruksi yang tersedia.

Kekurangan
  • Setting serta Konfigurasi CCTV Sulit

Kekurangan IP Camera yaitu ketika melakukan setting serta konfigurasi tergolong sulit serta dibutuhkan pengetahuan akan LAN yang berpengalaman. Tidak sembarang orang dapat melakukan konfigurasi terhadap IP Camera ini.

  • Kualitas Gambar

Dari segi kualitas gambar serta gerakan objek masih berada di bawah rata-rata, akan tetapi pada IP Camera yang terkenal ataupun lebih mahal tentunya sangat bagus bahkan melampaui kualitas kamera CCTV Analog.

  • Harga yang Mahal

Salah satu kekurangan pada IP Camera ialah harganya yang tergolong mahal, walaupun ada yang harganya murah akan tetapi kualitasnya rendah.

 

 

Post Comment