Fungsi CCTV untuk kehidupan

Fungsi CCTV untuk kehidupan

Jadi anda ingin memasang Kamera CCTV akan tetapi masih ragu dengan fungsi serta manfaat yang dapat di berikan untuk anda ??

Untuk itu kami akan membahas beberapa fungsi serta manfaat Kamera CCTV yang akan menguntungkan anda apabila memasangnya

Berikut fungsi Kamera CCTV bagi aset dan keamanan anda :

Meningkatkan akses keamanan

Fungsi yang pertama ,

Sejak di luncurkannya di ranah publik , fungsi utama dari Kamera CCTV adalah untuk meningkatkan keamanan.Bicara tentang keamanan tentunya memiliki kaitan yang erat dengan pencegahan tindak atau aksi kejahatan.Bagaimana mungkin tindak kejahatan bisa dicegah dengan adanya kamera CCTV yang terpasang di lokasi tersebut? Tentu saja karena Kamera CCTV menampilkan sekaligus merekam gambar secara Live.Artinya,gambar yang diambil oleh kamera pengintai dan ditampilkan melalui monitor merupakan aksi atau tindakan yang sedang terjadi.

Sebagai contoh misalnya,seseorang berusaha mencuri sebuah kendaraan bermotor yang di parkir di halaman toko, aksi orang tersebut tertangkap dan terekam oleh kamera pengintai yang terpasang di area itu,maka aksi kejahatan tersebut bisa langsung di gagalkan.Setidaknya aksi pencurian itu telah  terekam oleh Kamera CCTV sehingga dapat digunakan sebagai barang bukti laporan kepada pihak yang berwajib dan pelakunya bisa segera ditangkap.

Manfaatnya, Dari kejadian tersebut kita bisa mencegah sang pelaku sebelum melakukan tindak kejahatan.Dan saat itu,kebetulan kita sedang memantau monitor CCTV dan langsung bisa mempergoki pelaku sebelum melakukan aksinya.Tanpa kita harus selalu berada di lokasi dimana kita harus mengawasi lokasi karena memang rawan untuk dijadikan tempat orang-orang melakukan tindak kejahatan.

Memantau setiap kegiatan

Fungsi yang kedua adalah memantau dan mengawasi kemungkinan dari setiap kegiatan yang kita kerjakan untuk kepentingan umum dan pribadi,tanpa menyalah gunakan Instalasi CCTV di tempat yang sangat private dan intim. Selain untuk meningkatkan keamanan ,CCTV juga bisa berfungsi untuk kepentingan mengawasi dan memantau produktivitas karyawan. Bukan bermaksud untuk berburuk sangka,tapi diakui atau tidak,ada saja karyawan yang belum mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya secara penuh. Selama jam kerja,ada karyawan yang sedang mengobrol,meninggalkan ruangan tanpa alasan yang jelas,bermain game,asyik bermain gadget,dan asyik nge-tweet atau fesbukan,Bahkan bisa saja seorang karyawan mengutil barang-barang yang sedang di produksi. Perilaku seperti itu bisa merugikan perusahaan dan perilaku tersebut jelas merupakan bentuk penyimpangan terhadap tanggung jawabpekerjaan.Akibatnya,pelaksanaan tugas terbengkalai dan tidak bisa di selesaikan tepat waktu sehingga hasil kerja menjadi tidak maksimal.Secara lebih lanjut,prestasi dan khualitas kerja karyawan menurun dan selanjutnya akan berimbang pada kinerja perusahaan yang akan menurun pula.

Manfaatnya adalah kita bisa membedakan karyawan yang produktivitasnya tinggi dengan karyawan yang produktivitasnya rendah.Sebenarnya keberadaan CCTV tidak dimaksudkan untuk memata-matai aktivitas karyawan.Jadi,karyawan tidak perlu merasa risih atau canggung dalam melaksanakan tugas.Bagi mereka yang komitmen dengan pekerjaannya tidak akan meras aterganggu dan risih dengan keberadaan Kamera CCTV yang senantiasa menangkap dan merekam aktivitasnya.berbeda dengan karyawan yang pecicilan dan seenaknya di depan kamera.Mereka mungkin bisa terganggu dengan adanya Kamera CCTV yang selalu mengawasi tiapdetik aktivitasnya.Kecuali terjadi gangguan mati listrik tapi masih bisa di atasi dengan UPS ( Uninterruptible power supply ) bagi perusahaan swasta atau instansi pemerintah .CCTV bisa membantu meningkatkan khualitas kinerja karyawan sekaligus mendongkrak kemajuan perusahaan.Jika dari rekaman CCTV diketahui ada penyimpangan tugas oleh karyawan,maka pihak manajemen perusahaan bisa langsung menempatkan karyawan dengan posisi yang seharusnya dan mengatasinya dengan cepat dan tepat.

Mengawasi anggota keluarga

Yang terakhir, Kamera CCTV  tidak hanya bermanfaat untuk kepentingan publik dan perusahaan saja,pribadi pun masih bisa memanfaatkan fungsinya. Selain berfungsi untuk keamanan dan memantau area dimana kamera ini terpasang. CCTV dirumah yang terpasang bisa untuk memonitor kegiatan atau aktivitas anak.Hal ini diperlukan bagi para orang tua yang sibuk di luar rumah seharian,sehingga tidak memiliki waktu untuk meakukan kegiatan tersebut dalamwaktu bersamaan. agar tetep bisa mengawasi perkembangan anak,salah satu caranya adalah memanfaatkan fungsi dari Kamera CCTV di rumah sehingga para orang tua tetap bisa mengawasi gerak-gerik dan segala aktivitas anak meski kita tidak berada di sampingnya.

Dan manfaatnya adalah kamera CCTV bisa menjadi mata kita untuk mengawasi anak-anak serta keluarga di rumah meski kita berada jauh dari rumah. Jadi,hal apapun yang dilakukan oleh anak-anak di rumah bisa kita ketahui. dan apabila memiliki baby syster maka kita bisa mengetahui perlakuannya terhadap anak kita selama kita tidak ada.Tentunya kita sebagai orang tua menginginkan yang terbaik untuk anak-anak kita. Selain itu kita juga bisa mengawasi rumah kita dari kejauhan tentunya dengan terkoneksi ke jaringan internet terlebih dahulu. Saat kita sedang berlibur,mudik ke luar kota bahkan ke luar negeri sekalipun ditinggal selama beberapa hari dan bahkan sampai berbulan bulan kita tetap bisa mengawasi rumah kita tanpa keresahan dan ke khawatiran sedikitpun dengan rumah yang kita tinggalkan. jadi kita bisa menikmati liburan dengan maksimal.

Dengan begitu banyaknya fungsi dan manfaat yang di miliki Kamera CCTV apalagi yang akan membuat anda ragu untuk memasangnya ?

” Ingat,Bahwa semua kejadian pencurian itu tidak ada yang tahu kapan waktu dan tempat dimana para pelaku akan memulai aksinya “

Jadi apa salahnya anda berjaga-jaga sebelum semua itu terjadi ??

" Be Alert Be Safe "

Post Comment