Troubleshot pada CCTV dan penyebab terjadinya

Troubleshot pada CCTV dan penyebab terjadinya

Kamera CCTV merupakan Kamera yang digunakan sebagai standar keamanan untuk rumah,kantor,maupun fasilitas umum lainnya.Seiring berjalannya waktu Kamera CCTV ini pasti akan mengalami kerusakan.Dengan penyebab dan tanda yang berbeda-beda dari setiap permasalahan.Apabila Kamera CCTV ada yang bermasalah tentunya tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Dengan begitu akan  membuat pemantauan kondisi dilokasi menjadi kurang maksimal.Anda sebagai pemilik Kamera CCTV ini harus mengetahuijenis kerusakan apa saja dan langkah awal yang harus anda berikan untuk pertolongan pertama.Karena bila harus menunggu hingga kondisi kamera CCTV semakin parah lagi,Sudah pasti anda harus membeli Product baru lagi dan tentunya anda diharuskan mengeluarkan dana yang mungkin tidak sedikit.

Pada umumnya Kerusakan / Trouble yang di alami kamera CCTV dikarenakan pemakaiannya Nonstop tanpa ada jeda .

Permasalahan yang biasa terjadi pada ;Adaptor/Power Supply Kamera,Kabel Coaxial,DVR ,Hardisk,Kamera CCTV.

Berikut Permasalahan yang pada umumnya terjadi pada Kamera CCTV dan bagaimana cara kita bisa mengetahui sebab dari permasalahan tersebut :

  • TAMPILAN GAMBAR CCTV DI MONITOR SILAU ( BACKLIGHT)

Permasalahan ini disebabkan pada saat pemasangan kamera CCTV arah lensanya menghadap sumber cahaya (Lampu,Sinar matahari,Atau mengarah ke lokasi dengan Pantulan sinar) Sehingga membuat Sensor pada kamera CCTV menjadi bermasalah

  • TAMPILAN GAMBAR DI MONITOR BURAM

Permasalahan ini biasanya terjadi akibat instalasi kabel coaxial yang terlalu panjang atau khualitas kabel coaxial yang digunakan kurang baik.Bisa juga terjadi apabila Adaptor/Power supply kamera lemah sehingga penyuplai-an arus listrik ke kamera menjadi kurang stabil.

  • TAMPILAN GAMBAR DI MONITOR BERGARIS

Permasalahan Ini biasa disebabkan adanya gangguan frekuensi tinggi,Seperti lokasi yang berdekatan dengan Pemancar radio siaran,Radio Amatir dan CB (Citizen Band).

Masing-masing gangguan memiliki ciri-ciri yang berbeda.Jika gangguan terus menerus ,maka dipastikan dari pemancar radio siaran.Sedangkan bila sesekali namun sering,maka gangguan tersebut berasal dari komunikasi radio amatir atau CB.

KAMERA BERMASALAH/MATI

JIKA DILIHAT DARI MONITOR

  • LAYAR HITAM

Permasalahan seperti ini terjadi karena Tegangan dari Power Supply Kamera lemah sehingga untuk menyuplai listrik ke kamera jadi terganggu.Permasalahan yang lain juga Bisa dari Pemasangan BNC Connector Kabel Coaxial yang kurang Tepat atau Kabel Coaxial yang digunakan kualitasnya kurang baik/Bisa saja putus saat dilakukan penarikan.

  • LAYAR BLUR

Permasalahan berikut terjadi karena Lensa kamera CCTV Kotor sehingga mengakibatkan Sensor dari kamera menjadi error.Selain itu Pemasangan BNC Connector di Kabel Coaxial kurang tepat .Atau Tegangan dari Adaptor/Power Supply  kamera CCTV sedang drop/lemah.

  • LAYAR HITAM PUTIH

Ada 2 macam sebab dari permasalahan tersebut.

  • Jika menggunakan BNC Connector yang biasa terjadi :
    • Sensor Kamera Mati/Rusak
    • Pencahayaan Kurang (Arah pemasangan kamera dilokasi yang minim pencahayaan sehingga seiring berjalannya waktu,Sensor dari Kamera Menjadi Rusak/Mati
  1. Jika menggunakan Video Baloon yang biasa terjadi :
    • Pemasangan / Instalasi Kamera CCTV terganggu oleh Induksi Listrik

JIKA DILIHAT DARI KAMERA

Jika Kamera CCTV Rusak/Mati,Maka gambar dari DVR ke Monitor juga otomatis akan Mati,Sehingga tidak ada rekaman yang tersimpan.Namun,apabila Sensor InfraRed pada kamera CCTV masih menyala bisa dipastikan kalau hanya kameranya saja yang Rusak.

Untuk memastikan kamera CCTV tersebut rusak atau tidaknya ; Coba ganti kamera CCTV tersebut dengan Kamera Baru menggunakan Kabel Coaxial yang sama dengan kamera sebelumnya.

Jika kamera CCTV yang baru juga tidak menyala anda bisa melakukan pengecekan dari BNC Connector sudah terpasang dengan benar atau tidak.Lalu cek tegangan dari Kabel Power Kamera menggunakan avo meter.Jika Tidak ada penurunan daya dari kabel power & Pemasangan BNC Connectornya dan kamera CCTV masih belum menyala,Selanjutnya coba menggunakan kabel Coaxial yang baru.Jika memakai kabel Coaxial bisa menyala berarti Instalasi Kabel yang lama bermasalah ;Bisa jadi memang Kabel sudah usang / Hancur karena Di gigit Tikus.

DVR BERMASALAH/MATI

Kerusakan yang sering terjadi juga dalam penggunaan Kamera CCTV  adalah Kerusakan di DVR,Sedangkan DVR sendiri merupakan komponen yang memiliki peran penting dalam CCTV.Jika DVR mengalami keruskan maka CCTV tidak bisa berfungsi secara maksimal,Penyebab dari permasalah ini salah satunya adalah chipset dari DVR terbakar/rusak karena penggunaan DVR yang berlangsung lama.

Berikut tanda jika DVR anda bermasalah/rusak :

  • MONITOR BLANK ( TIDAK MENAMPILKAN STATUS DVR)

Selain Adaptor/Power supply mengalami penurunan daya,Salah satu penyebab dari monitor CCTV mengalami Blank adalah karena DVR dari Kamera CCTV bermasalah/Rusak,Jadi rekaman dari kamera CCTV tidak bisa tampil di Monitor.

Untuk membuktikan bahwa DVR CCTV mengalami masalah/kerusakan adalah dengan ;

Mengganti Adaptor / Power dari DVR jika masih tidak menyala sudah dipastikan bahwa DVR anda bermasalah/rusak,Hal ini bisa dilihat dari lampu indikator yang ada di DVR anda.jika lampu indikator masih menyala bisa jadi hanya power dari DVRnya yang lemah dan anda bisa menggantinya dengan yang baru.

  • DVR SERING BERBUNYI (BEEP)

Ada beberapa masalah jika DVR sering berbunyi (beep) Berikut tandanya :

  • DVR restart ulang secara otomatis berulang kali
  • DVR blank pada saat di hidupkan
  • DVR tidak dapat merekam/ tidak ada hasil rekaman dalam kondisi harddisk baik dan masih terpasang
  • Hanya menampilkan gambar warna-warni
  • Ada bagian yang menghitam pada bagian Mother Board DVR

Cek DVR masih berfungsi dengan baik atau  tidak,caranya ;

  1. Cabut DVR,Lalu Cek BNC Connector yang ada di DVR apakah sudah terpasang dengan baik
  2. Cek kabel harddisk dan lihat apakah harddisk berfungsi dengan baik
  3. Jika sudah Pasang kembali,Lalu aktifkan kembali DVR anda.
  4. Cek apakah harddisk yang terdeteksi atau tidak .
  5. Jika dari no 1 – 4 tidak ada masalah ,Coba ganti Kabel power DVR anda dan cek kembali apakah bunyi (beep) masih terdengar.

Untuk mengurangi resiko masalah-masalah yang terjadi di Kamera CCTV anda,Bisa anda lakukan tips Pemilihan Material untuk instalasi maupun tips Maintenance kamera CCTV dari WIJAYA CCTV.

  • Pilih Kamera CCTV yang sesuai dengan Lokasi anda mau menginstall kamera Tersebut.
    • Untuk Lokasi di luar ruangan gunakan kamera CCTV dengan spek Outdoor,Karena Lebih tahan cuaca dan ada juga yang dilengkapi dengan keamanan agar tahan terhadap kekerasan (Fandalprof).Dan tentukan Type kamera yang sesuai dengan keadan di lokasi anda menginstall
    • Untuk lokasi di dalam ruangan gunakan Kamera CCTV dengan spek indoor,Karena untuk di dalam ruangan tidak langsung terpapar dengan cuaca
  • Tentukan Lokasi pemasangan Kamera CCTV sesuai dengan spek kamera yang anda miliki
  • Tentukan berapa kapasitas harddisk yang akan anda gunakan
  • Gunakan material dengan khualitas yang baik
    • Dari kabel Coaxial / Kabel FTP (LAN) yang akan dipakai
    • Bnc Connector & Jack mail
    • Harddisk yang akan dipakai
Untuk Maintenance Kamera CCTV ;
  • Jaga Kebersihannya
  • Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk perawatan Kamera CCTV adalah mengusahakan kebersihan setiap Perangkat kamera CCTV.
    • Membersihkan Lensa Kamera CCTV dari Debu /sarang laba-laba
    • Membersihkan Permukaan & Lokasi DVR anda ter-install

Karena Jika perangkat kamera CCTV kotor bisa saja menghambat kinerja dari setiap perangkat tersebut.

  • Perhatikan Seluruh Komponen Kamera CCTV anda secara berkala

Setiap Komponen Kamera CCTV haruslah anda cek sendiri,Kabel dan koneksi harus tetap terhubung,Begitu juga posisi alat ini juga harus selalu diperhatikan Jangan sampai target kamera tidak tepat sasaran.Periksa Penyangga Kamera CCTVnya dan hal-hal lain yang mendukung kamera CCTV agar dapat berfungsi dengan baik.

  • Perhatikan Keakuratannya

Ini juga tidak kalah penting,tetap perhatikan setiap keakuratan jam dan waktu,keakuratan indikator dan selalu cek kondisi DVR untuk mengetahui rusak/tidaknya.

  • Back up Rekaman kamera CCTV

Selalu pantau kapan waktu penuh dari kapasitas harddisk yang anda gunakan lalu lakukan back-up menggunakan USB,supaya anda tidak kehilangan rekaman/kejadian penting  yang terekam oleh Kamera CCTV anda.Karena kebanyakan DVR / Harddisk CCTV menggunakan system auto delete yaitu jika kapasitas harddisk sudah penuh,rekaman pada hari pertama akan terhapus dengan sendirinya dan digantikan dengan rekaman pada hari yang berikutnya.

Post Comment